|

Wakapolri Gatot Eddy Pramono: Mahasiswa Perlu Perkuat Wawasan Kebangsaan

(Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono saat memberikan kuliah umum di kampus Andalas, Padang)
Faktanews.id - Wakil Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Wakapolri) Komjen Pol Gatot Eddy Pramono meminta mahasiswa terus menambah ilmu pengetahuan untuk memperluas wawasan kebangsaan. Memperluas wawasan kebangsaan itu sebagai upaya menjaga masa depan Indonesia sebagai bangsa yang berdaulat di erah perkembangan teknologi yang super canggih saat ini.

"Para mahasiswa menguasai ilmu, namun jangan lupa untuk menjaga kesatuan bangsa,” ujar Gatot saat menyampaikan kuliah umum bertajuk "Persatuan Bangsa untuk Indonesia Maju” di Universitas Andalas Padang, Jum’at (14/2/2020).

Menurut Gatot, jika mahasiswa memiliki wawasan kebangsaan maka mereka akan mampu menjaga nilai-nilai persatuan dan kesatuan. Dengan demikian, kata Gatot, ke depannya mereka mampu membangkitkan identitas kebangsaan dan mampu menjaga kesatuan dan persatuan bangsa di erah teknologi seperti saat ini.

"Perkembangan teknologi juga merupakan tantangan bagi mahasiswa, bagaimana mereka bisa kreatif mencari solusi ke arah yang lebih baik. Perkembangan teknologi juga merupakan tantangan bagi mahasiswa, bagaimana mereka bisa kreatif mencari solusi ke arah yang lebih baik,” ujarnya.

Lebih lanjut, mantan Kapolda Metro Jaya ini juga meminta mahasiswa pandai mengelola dan menerima informasi di media sosial . Sebab, media sosial kerap dimanfaatkan pihak-pihak tertentu menyebarkan ujaran kebencian dan berita hoaks.

Menurut Gatot, mahasiswa pun harus mampu memilah dan tidak mudah terpengaruh. Karena menurutnya, berita bohong atau hoax adalah hal yang sangat berpengaruh untuk kesatuan bangsa.

“Di kepolisian juga telah dibentuk beberapa direktorat terkait dengan perkembangan tekonologi dan media sosial ini. Sebagai kontrol sosial, mahasiswa diharapkan mampu bersikap kritis yang memberi solusi,” katanya.

Usai menyampaikan kuliah umum, Gatot menyampaikan imbauan kepada jajarannya untuk memastikan kontestasi Pilkada Serentak 2020, berjalan aman dan damai.

“Kapolda harus memastikan Pilkada serentak 2020 berjalan dengan lancar, aman dan terkendali,” ujarnya.

Menurut Gatot, berdasarkan pengalaman yang sudah ada masyarakat biasanya terpolarisasi saat Pilkada. Gator berharap, masyarakat tidak konflik meski berbeda pandangan dan pilihan politik.

"Dalam demokrasi, yang penting itu bersalaman,” ujarnya. (RF)
Komentar Anda

Berita Terkini