|

Senator Angelo: Budaya Gotong Royong adalah Intisari Pancasila Sesungguhnya

(Anggota DPD Angelo Wake Kako Sosialisasi Empat Pilar di Kabupaten Sikka)
Faktanews.id - Anggota Dewan Perwkailan Daerah (DPD RI) Angelo Wake Kako menggelar sosialisasi Empat Pilar di Kecamatan Paga, Kabupaten Sikka, Senin, 3/2/2020.

Dalam kesempatan itu, Angelo menyampaikan bahwa Empat Pilar Kebangsaan yakni Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika merupakan penyangga utama dari bangsa yang besar bernama Indonesia.

“Kita bersyukur karena hidup di negara Indonesia yang begitu banyak kemajemukannya, tapi kita masih bertahan hingga saat ini sebagai satu bangsa yang besar. Itu terjadi karena kita mempunyai penyangga dan dasar negara yang kuat yakni Pancasila,UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika," tutur Angelo.

Angelo menambahkan, masyarakat Indonesia tidak terkecuali masyarakat Nusa Tenggara Timur, mempunyai nilai gotong royong yang merupakan modal sosial paling besar yang telah ada dan dijalankan bertahun-tahun oleh masyarakat. Gotong royong telah membuat hal yang berat menjadi ringan dan itu sangat memberikan kontribusi dalam kehidupan masyarakat kita.

Dalam kaitan dengan dasar negara Pancasila, Pria Lulusan Magister Ketahanan nasional UI tersebut menambahkan bahwa Soekarno sebagai pendiri bangsa dalam sidang BPUPKI secara rinci menjelaskan Intisari dari Pancasila yang apabila diperas menjadi Eka Sila yaitu Gotong Royong.

“Saya masih yakin bahwa gotong royong yang sudah berabad-abad lamanya hidup dan menjadi nilai luhur dalam kehidupan bermasyarakat kita merupakan Intisari dari Pancasila yang merupakan dasar negara kita. Oleh sebab itu, masyarakat sekalian kiranya terus menjaga dan melestarikan ini dalam setiap aktivitas kita, contoh bekerja kebun, bangun rumah, dan hal-hal lainnya yang bisa dilakukan dengan pendekatan gotong royong," tandas Angelo.

Komentar Anda

Berita Terkini