|

Berikan Kuliah Umum di Kampus Andalas, Wakapolri Ingatkan Kapolda Jaga Keamanan Pilkada Serentak

(Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono sampaikan kulian umum di kampus Andalas Padang)
Faktanews.id - Wakil Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Wakapolri) Komjen Pol Dr Gatot Eddy Pramono, memberikan kuliah umum di Universitas Andalas (Unand) Padang, Jumat (14/2/2020). Kuliah umum ini bertema "Persatuan Bangsa untuk Indonesia Maju". Ratusan mahasiswa hadir pada acara ini.

Dalam kesempatan itu, Gatot menyampaikan sejumlah materi terkait keamanan masa depan Indonesia. Salah satunya materi soal Pilkada serentak yang akan berlangsung pada 2020 nanti.

Gatot yang juga menatan Kapolda Metro Jaya, ini mengingatkan jajarannya soal betapa pentingnya menjaga keamanan untuk kesuksesan pesta demokrasi serentak nanti

"Kapolda harus memastikan Pilkada serentak 2020 berjalan dengan lancar, aman dan terkendali,” katanya.

Menurut Gatot, masyarakat akan terpolarisasi perbedaan pandangan dan dukungan politik. Menurut Gatot, perbedaan pandandangan dan pilihan politik jangan sampai menimbulkan anarkis di tengah-tengah masyarakat.
Sebelumnya, Wakapolda Sumbar, Brigjen Pol Rudy Sumardiyanto mengatakan, pihaknya siap mengamankan berbagai rangkaian dalam Pilkada mendatang. Polri akan bersinergi bersama TNI demi mewujudkan Pilkada yang aman, nyaman dan lancar.

“Mengharapkan tentunya pelaksanaan nanti, tahapan demi tahapan sampai pelantikan mulai gubernur dan bupati serta wali kota terpilih dalam situasi yang aman dan kondusif,” ujarnya.

Menurut Rudy, ada tiga elemen penting dalam penyelenggaraan Pilkada serentak nantk. Salah satunya KPU dan Bawaslu. Ia percaya akan ada pengawasan sampai ke tingkat kecamatan.

“Unsur kedua bagi keamanan tentunya kami (Polri) bersama TNI nanti di TPS dibantu Linmas. Kemudian unsur ketiga masyarakat yang memilih. Kami dari segi pengaman kami berharap pihak penyelenggara dapat bekerja. Bagi unsur masyarakat tentunya pilihlah pemimpin yang benar-benar amanah yang membawa kabupaten, kota hingga provinsi. Kami siap melaksanakan pengamanan di setiap tahap,” katanya.


Komentar Anda

Berita Terkini