-->
    |

Sufmi Dasco Puji Jokowi Yang Kungker ke Natuna

(Sufmi Dasco Ahmad)
Faktanews.id - Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengatakan kunjungan Presiden Joko Widodo  (Jokowi) ke Kabupaten Natuna dalam rangka meningkatkan moral pasukan yang bertugas. Menurut Dasco, Jokowi ingin menunjukkan Indonesia negara berdaulat.

"Terkait dengan kunjungan Pak Jokowi ke sana dalam meningkatkan moral pasukan kita dalam kemudian menunjukkan bahwa kita ini negara yang berdaulat ya kita harus apresiasi," kata Dasco di Kompleks Gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (8/1/2019).

Menurut Dasco, selain kehadiran Jokowi di Natuna, diperlukan juga jalur diplomasi ke berbagai negara yang berkepentingan terkait wilayah Natuna. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), kata dia, dilibatkan soal konflik wilayah Natuna jika diperlukan.

"Yang pertama menurut saya cara diplomasi memang harus ditempuh, karena kan memang dalam diplomasi ini juga bisa nanti tidak hanya melibatkan G2G, bisa saja nanti jalur diplomasi ini melibatkan beberapa negara yang berkepentingan misalnya lembaga PBB saya pikir kalau memang ada ketidaksesuaian karena kita lihat waktu dengan Malaysia putusan arbitrase yang sifatnya mengikat saja tidak dipatuhi kan begitu," ujar Dasco.

Langkah Jokowi mengerahkan kapal-kapal ikan ke Natuna pun dinilai Dasco sangat diperlukan. Dasco menyebut keputusan tu menunjukkan nelayan Indonesia tak takut melaut ke Natuna.

"Lalu kemudian soal pengerahan kapal ikan saya pikir kalau perlu seluruh kapal tangkap yang memang sanggup untuk ke Natuna walaupun melewati-melewati wilayah pengelolaan perikanan, ada WPP kan itu , ya nggak apa-apa dibebasin saja dulu ke Natuna, untuk kita tunjukkan bahwa kita juga punya kapal, punya nelayan, yang juga nggak takut gitu loh. Kan ini pertahanan rakyat semesta juga," imbuhnya.

Sebelumnya diberitakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertolak ke Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, hari ini. Jokowi akan bertemu nelayan serta membagikan sertifikat tanah.

Jokowi bertolak dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (8/1) pagi dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1.

Setibanya di Pangkalan TNI AU Raden Sadjad, Kabupaten Natuna, Jokowi dan rombongan akan langsung menuju Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) Selat Lampa, Kabupaten Natuna. Selain meninjau jajar kapal, Jokowi direncanakan bertemu dengan ratusan nelayan. (RF)
Komentar Anda

Berita Terkini