-->
    |

Anggota DPR Sri Meliyana Paparkan Tentang Betapa Pentingnya Pendidikan Karakter

(Anggota DPR Sri Meliyana saat menjadi narasumber seminar bertajuk "Pendidikan Karakter Dan Pelatihan Bernasis Kompetensi Bagi Generasi Muda Muara Enim" di gedung Kesenian)
Faktanews.id - Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi Gerindra, Sri Meliyana menjadi pembicara seminar bertajuk "Pendidikan Karakter dan Pelatihan Berbasis Kompetensi Bagi Generasi Muda Muara Enim,". Seminar berlangsung di di Gedung Kesenian Kabupaten Muara Enim, Kamis (9/1/2020).

Narasumber lain adalah Dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fattah Palembang, Umar Abdullah.

Seminar dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Irwan Supmidi, mewakili Pelaksana Tugas Bupati Muara Enim. Seminar dihadiri para mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi, pelajar, kalangan muda, serta tokoh masyarakat.

Sri Meliyana mamaparkan soal potensi besar Indonesia. Disebutkan, Indonesia merupakan negara yang memiliki potensi untuk menjadi negara besar. Salah satu modalnya adalah jumlah penduduk nomor 4 (empat) terbesar di dunia, dengan penduduk sekitar 274 juta jiwa di tahun 2020.
Namun demikian, dengan potensi yang besar tersebut, Indonesia harus dihadapkan dengan berbagai permasalahan yang menyebabkan bangsa ini tidak dapat mengambil keuntungan dari semua anugerah tersebut. Pada usianya yang ke-74 tahun, Indonesia kalah bersaing dengan negara-negara lain dalam menghadapi globalisasi dan perubahan dunia.

Dengan permasalahan-permasalahan tersebut, maka pentingnya kita menyiapkan generasi muda Indonesia dengan pendidikan karakter. Karakter perlu dididikkan kepada generasi muda, karena karakter tidak dimiliki oleh manusia sejak dia dilahirkan.

”Perlu dipahami bahwa karakter tidak dimiliki manusia sejak dia dilahirkan, tetapi dibentuk oleh proses panjang dimulai dari pemikiran, perkataan, perbuatan, kebiasaan yang terus menerus sepanjang umur, sehingga seseorang menjadikan dirinya sendiri dengan karakter unik yang dimilikinya,” papar Sru Meliyana.

Dalam kesempatan itu, Sri Meliyana mengutip pernyataan Bung Karno. Menurut Sri Meliyana, apa yang pernah disampaikan Bung Karno menentukan besar kecilnya suatu bangsa bukanlah seberapa luas wilayahnya dan seberapa banyak penduduknya, melainkan kekuatan tekad sebagai pancaran karakternya.

”Sehingga, apa pun yang dimiliki seseorang, kecantikan, kepintaran, keturunan, dan kekuasaan, tak bernilai jika seseorang tak bisa lagi dipercaya dan tak punya keteguhan sebagai ekspresi keburukan karakter,” tukas Sri Meliyana.
Begitu pentingnya karakter bagi masa depan bangsa, dengan mengutip kata-kata bekas Perdana Menteri Inggris, Margaret Thacher, Sri Meliyana mengatakan bahwa kita perlu memperhatikan pikiran kita, karena dia akan keluar menjadi ucapan kita. Selanjutnya ucapan kita akan menjadi kelakuan kita.

”Perhatikan kelakuan kita karena akan menjadi kebiasaan kita. Perhatikan kebiasaan kita, karena ia akan menjadi karakter kita. Perhatikan karakter kita, karena ia akan menentukan nasib kita. Sehingga, apa yang kita pikirkan, akan menentukan nasib kita,” tandasnya.

Dalam acara tersebut Sri Meliyana juga membagikan SK penerima Program Indonesia Pintar (PIP) kepada siswa melalui kepala sekolah masing-masing. Untuk tahun 2019 Sri Meliyana telah memperjuangkan penerimaan PIP bagi siswa di Kabupaten Muara Enim sebanyak 1.478 siswa. (RF)
Komentar Anda

Berita Terkini