-->
    |

Puan Maharani Bicara Perdagangan Dunia Terbuka dan Adil Di Forum Parlemen G-20

Faktanews.id - Di tengah ketegangan perang dagang Antar negara2 besar, semakin dituntut tata perdagangan dunia yang terbuka dan adil. Ketua DPR RI Puan Maharani dalam IPU G20 akan menyampaikan pandangan Indonesia terkait dengan morma perdagangan dunia yang adil dan terbuka.

IPU G20 tokyo membahas dalam 3 sesi mengenai tatanan perdagangan, inovasi teknologi, dan perkembangan SDGs.

Indonesia mendapatkan kesempatan menyampaikan pandangannya sebagai keynote speaker pada sesi SDGs dan memberikan catatan intervensi pada sesi lainnya.

Pandangan Indonesia disampaikan Ketua DPR RI Puan Maharani. Dia mengatakan bahwa perdagangan bebas harus berpedan pada kepentingan rakyat, inovasibteknologi memberikan akses yanf luas bagi setiap negara, setiap masyarakat, untuk memajukan SDM dan Ekonomi, serta Komitment SDGs harus sejalan dalam membangun kapasitas bersama dalam bidang sosial, politik, ekonomi, dan budaya yang seimbang sehingga memberikan manfaat bagi semua pihak.


Puan dijadwalkan akan memberikan presentasi di depan para ketua parlemen negara-negara  G-20 itu  pada 4 November 2019.

“Perdagangan internasional harus bisa diakses oleh semua pihak, termasuk oleh negara maju maupun negara berkembang, perusahaan besar, atau usaha kecil menengah (UMKM). Sistem perdagangan global yang inklusif harus dapat menjamin bahwa setiap orang mendapat manfaat dari perdagangan internasional,”tutur Puan

G20 Parliamentary Speaker’s Summit memberikan kesempatan bagi Ketua Parlemen negara G20 untuk bertukar pikiran tentang upaya yang telah dilakukan guna meningkatkan kerja sama internasional dalam menanggulangi tantangan yang dihadapi masyarakat.

Dalam pertemuan itu, Puan akan memimpin salah satu sesi yang membahas tema pembangunan social berkelanjutan. Puan akan membawakan makalah berjudul: “Efforts towards Resolution of Global Challenges and Achievements of the SDGs (Financing for Development, Need for Transparent and Effective Government.

“DPR RI telah membetuk Panja Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Pengalaman-pengalam kita akan saya share di depan para pemimpin parlemen negara-negara maju yang tergabung dalam G-20,”ujarnya.

Menurut Puan, DPR RI telah menyelenggarakan the World Parliamentary Forum on Sustainable Development (WPFSD) selama 3 tahun berturut-turut.

"Kita mendorong parlemen negara-negara di dunia untuk terlibat aktif dalam kesuksesan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan,” jelas Puan. (RF)
Komentar Anda

Berita Terkini