-->
    |

Guru Besar UI Minta Imigrasi Cek Status Kewarganegaraan Agnez Mo

Faktanews.id - Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia (UI), Hikmahanto Juwana, meminta meminta Ditjen Imegrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) melakukan pengecekan status kewarganegataan Agnez Mo.

"Ungkapan wawancara Agnez Mo bahwa ia tidak ada kaitan dengan Indonesia kecuali lahir, perlu dilakukan pengecekan status kewarganegaraannya," ujar Hikmahanto dalam keterangan tertulisnya, Selasa (26/11/2019).

Menurut Hikmahanto, perlu dipahami berdasarkan Undang-undang Kewarganegaraan, Indonesia tidak menganut penentuan bukan penganut kewarganegaraan yang didasarkan pada dimana seseorang lahir atau ius soli.

Disebutkan Hikmahamto, Indonesia merupakan negara penganut penentuan kewarganegaraan didasarkan pada keturunan orang tua atau ius sanguinis.

"Bila Agnez Mo memiliki kewarganegaraan Indonesia maka perlu dipertanyakan dari mana kewarganegaraan Indonesia tersebut didapat," tandas dia.

Hikmahanto menambahkan, apabila orang tua Agnez Mo bukan warga negara Indonesia sementara Agnez Mo berkewarganegaraan Indonesia maka kewarganageraan Agnez Mo besar kemungkinan diperoleh secara tidak sah.

Menurut Hikmahanto, apabila ternyata Agnez Mo berkewarganegaraan asing maka Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi harus melakukan pengecekan atas visa yang dimiliki oleh Agnez Mo. 

"Bila visa yang dimiliki oleh Agnes Mo bukan visa kerja berarti Agnez Mo selama ini telah melakukan pelanggaran atas Undang-undang keimigrasian saat menerima honor sebagai entertainer atau artis," katanya.

Menurutnya, pendalaman oleh Ditjen Imigrasi atas status kewarganegaraan Agnez Mo perlu dilakukan untuk menetukan apakah Agnez Mo perlu dimasukkan ke dalam daftar tangkal untuk masuk ke Indonesia bila saat sekarang ia berada di luar negeri.

"Bila Agneslz Mo masuk dalam daftar tangkal maka Agnez Mo tidak diperbolehkan masuk ke Indonesia sampai namanya dicabut dalam daftar tangkal," ucap dia.

Sebelumnya diketahui, Agnez Mo mengatakan dirinya tak memiliki darah Indonesia. Dia lebih menegaskan dirinya berdarah Jerman, Jepang dan China, kendati tinggal di Indonesia selama ini. (RF)


Komentar Anda

Berita Terkini