-->
    |

Survei Parameter: 67,4 Persen Publik Optimis Jokowi Wujudkan Janji Politiknya di Periode Kedua

Faktanews.id - Sejumlah pekerjaan rumah (PR) harus dibenahi oleh presiden Jokowi pada pemerintahan periode 2019-2024. Sebab, pada periode pertama pemerintahan Jokowi banyak janji-janji politik yang tidak terpenuhi.

Hal ini terungkap pada hasil sirvei Parameter Politik Indonesia. Survie bertajuk "'Evaluasi Kinerja Jokowi Dan Harapan Publik di Periode Kedua" ini dilakukan pada 5-12 Oktober 2019 dengan wawancara dengan sampel 1000 responden dari 34 Provinsi.

Direktur eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno, menyampaikan survei ini menggunakan metodologi stratified multi stage random sampling dengan margin of error 3,1 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

"Survei ini dilakukan sebagai upaya untuk menjaring aspirasi publik. Terutama soal evaluasi dan harapan publik terhadap Jokowi yang akan dilantik kembali sebagai presiden. Sebab salah satu kekuatan Jokowi selama ini ialah dukungan publik yang berlimpah," ujari Adi di kantornya Duren Tiga, Jakarta Selatan, Kamis (17/10/2019).

Menurut Adi, survei Parameter Politik menunjukkan kinerja Jokowi di periode pertama relatif baik dengan sejumlah catatan kritis. Menurut Adi, publik yang menilai kinerja Jokowi baik mencapai 41,1 persen, biasa 33,4 persen dan buruk 23,3 persen. Selebihnya tidak menjawab.

"Itu artinya, jika diringkas secara sederhana kinerja Jokowi sebenarnya sudah baik namun belum maksimal karena menyisakan sejumlah pekerjaan rumah," tandas Adi.

Adi menambahkan kinerjer Jokowi yang dinilai publik sukses dalam membangun infrastruktur strategis, memberikan bansos, sembako, dana desa, PKH, KIS dan KIP.

Namun pada saat bersamaan, lanjut Adi, kinerja Jokowi dianggap kurang maksimal soal kesejahteraan, lapangan pekerjaan baru, mengurangi kemiskinan, harga yang masig mahal, serta persoalan korupsi dan penegakan hukum.

"Publik belum merasakan "sentuhan magis" pembangunan infrastrukur yang inline dengan persoalan mendasar rakyat. Termasuk juga soal pelemahan KPK cukup kuat serta potret hukum yang dinilai masih tebang pilih," katanya.

Dan pada periode kedua nanti, Adi menyampaikan bahwa mayoritas publik optimis Jokowi bisa menunaikan janji politiknya. Angka optimis itu, kata Adi, mencapai 67,4 persen, pesimis 25,8 persen, dan sisanya tidak menjawab.

"Jokowi punya bekal segalanya untuk mewujudkan semua visi-misi politiknya itu. Terutama dukungan parlemen yang sangat maksimal karena nyaris tak ada parpol yang berhasrat menjadi oposisi," demikian Adi. (RF)
Komentar Anda

Berita Terkini