|

Sudah Kondusif, Tapi Begini Kronologis Kerusuhan dan Pembakaran di Penajam Kalimantan Timur

Faktanews.id - Situasi di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur berangsur kondusif. Kerusuhan sempat pecah dan massa melakukan pembakaran sejumlah rumah milih warga Bugis, di sana.

Hal tersebut disampaikan, Kabid Humas Polda Kalimantan Timur, Kombes Pol Ade Yaya Suryana, dikutip dari CNN Indonesia, Rabu (16/10/2019).

"Situasi sudah kondusif. Pemadam kebakaran juga sudah masuk ke Tempat Kejadian Perkara (TKP)," kata Ade Yaya.

Beriut kronologis kerusuhan di Penajam Paser Utara.

Pada hari Rabu 9 Oktober 2019 pukul 23.30 terjadi penganiayaan yang dilakukan oleh pelaku dan menyebabkan korban meninggal dunia.

Kemudian pada hari Selasa 15 Oktober 2019 dilaksanakan silaturahmi yang dihadiri Kapolda, Pangdam dan Bupati dan ketua adat maupun pemuda. Kesimpulan pertemuan kedua belah pihak sepakat berdamai.

Namun pada hari Rabu 16 oktober 2019 pukul 07.00 pers Brimob anti anarkis sebanyak 30 personel serpas ke Polres PPU. Selanjutnta, pada pukul 11.30 sekitar 40 masa dari Paser bergerak menuju perkampungan Bugis di pelabuhan PPU untuk mencari keluarga Pelaku.

Kemudian pada pukul 16.00 massa pelaku bertambah mencapai 300 an orang. Pukul 17.00 massa mulai membakar perumahan bugis. Sampai dengan saat jumlah rumah pemukiman yang terbakar belum bisa dipadamkan karena mobil pemadam tidak bisa masuk karena disandera massa.

Kemudian ada yang menelpon Dantim Anti Anarkis dan Kasi Intel Satbrimob yang ada di TKP untuk menyarankan kepada Kapolres agar massa ditindak tegas oleh Brimob.

Kemudian pasa pukul 17.15 Kapolda Kaltim di dampingi Wadansat Brimob berangkat menuju TKP dan 1 SSK Brimob di geser ke Polres PPU.

Dan pada akhirnya, pada pukul 18.15 Kapolda tiba di TKP mengambil alih Komando. (RF)




Komentar Anda

Berita Terkini