|

Pengamat: Sangat Tepat Kalau Tito Karnavian Jadi Mendagri

Faktanews.id - DPR sudah menyetujui sutat yang dikirimkan Presiden Jokowi perihal pemberhentian Tito Karnavian sebagai Kapolri. Sebelum surat dikirim ke DPR, Jokowi sudah memanggil Tito. Tito dikabarkan akan masuk kabinet kerja jilid II pemerintahan Jokowi-Ma'ruf.

Pengamat Intelijen dan terorisme Stanislaus Riyanta, menilai tepat jika Tito menjadi narkoda di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Tito Karnavian sangat tepat untuk tugas Mendagri," ujar Stanislaus, Selasa (22/10/2019)

Jika dilihat dari jejak rekamnya, menurut Staniaus, Tito merupakan polisi profesional, yang sangat menguasai terorisme sekaligus akademisi dan guru besar di PTIK. Dengan demikian, kata Stanislaus, kapasitas dan loyalitas Tito kepada negara tak perlu diragukan lagi.

"Prestasi Tito Karnavian dibuktikan dengan karirnya yang melesat cepat dengan dorongan kenaikan pangkat luar biasa yang pernah diraih karena keberhasilan tugasnya," tandas Stanislaus.

Stanislaus menambahkan, Tito dapat dinilai sebagai Kapolri yang sukses dalam membawa institusi Polri menjadi lebih modern dan mengalami peningkatan kepercayaan dari masyarakat. Program Promoter, profesional modern dan terpercaya, menjadi pedoman wajib bagi semua anggota polri dalam menjalankan tugasnya.

"Keberhasilan Tito dalam membawa Polri lebih baik ini tentu menjadi pertimbangan penting ketika akhirnya mendapatkan tugas baru, terutama untuk membenahi institusi yang besar dan kompleks, seperti Kemendagri," tukas Stanislaus.

Menurut Stanislaus, Kepiawaian Tito di bidang radikalisme dan terorisme menjadi catatan khusus di tengah isu radikalisme yang menguat di Indonesia. Kemungkinan Tito Karnavian menjadi Mendagri semakin menguat jika dihubungkan dengan menguatnya isu adanya paham radikal yang menjangkiti ASN tertentu.

"Selain itu isu perampingan birokrasi yang memerlukan eksekutor yang handal tentu sangat tepat jika dihadapkan dengan karakter dan rekam jejak Tito," katanya.

Dikatakan Stanislaus, jika menjadi Mendagri Tito akan pensiun dari Jendral Polisi lebih cepat, namun hal tersebut tentu bukan suatu hal yang mengecewakan bagi sosok yang sangat melekat citranya dengan Densus 88 Anti Teror tersebut.

"Pilihan Joko Widodo jika memilih Tito Karnavian menjadi Mendagri sangat tepat," katanya. (RF)


Komentar Anda

Berita Terkini