-->
    |

Pengamat Paparkan Sederet Prediksi Bamsoet Calon Kuat Ketua MPR

Faktanews.id - Pengamat politik Karyono Wibowo memprediksi Bambang Soesatyo sulit ditandingi menjadi Ketua MPR. Politisi Golkar itu, kata Karyono, bakal memenangi pertarungan untuk menduduki kursi Ketua MPR.

"Berdasarkan realitas politik,  Bamsoet merupakan calon ketua MPR yang paling kuat. Pasalnya, ada kecenderungan kuat mayoritas partai koalisi Jokowi - Ma'ruf Amin lebih bisa menerima Bamsot dibanding Ahmad Muzani," ujar Karyono, Kamis (3/10/2019).

Menurut Karyono ada dua pertimbangan kenapa Bamsoet mendapat dukungan mayoritas dadi anggota DPR dan Fraksi.

Pertama, Bamsoet berasal dari Partai Golkar yang notabene adalah sesama partai koalisi.

Kedua adalah Golkar merupakan pemenang kedua dalam pemilu legislatif berdasarkan perolehan kursi di DPR, meskipun tidak ada aturan yang menyatakan pemenang kedua otomatis menjadi ketua MPR.

Alasan ketiga, perlunya pengendalian politik yang menjamin stabilitas pemerintahan.

Keempat, adalah mengawal agenda strategis antara lain melanjutkan sosialisasi 4 Pilar MPR dan Haluan Negara.

"Atas pertimbangan tersebut maka sosok Bamsoet tentu dinilai lebih cocok dibanding Muzani," katanya.

Namun demikian jika mekanisme pemilihan ketua MPR melalui musyawarah antar fraksi dan kelompok DPD tidak mencapai mufakat, maka mekanisme pemilihan ketua MPR harus melalui pemungutan suara oleh anggota MPR.

"Kedua mekanisme pemilihan baik musyawarah mufakat maupun pemungutan suara tentu ada tantangan. Tetapi kata kuncinya terletak pada kemampuan lobi. Nah, soal lobi dan komunikasi, Bamsoet memiliki kemampuan yang sudah teruji, sehingga memuluskan jalan untuk menjadi ketua MPR  RI Periode 2019 - 2024," demikian Karyono. (RF)
Komentar Anda

Berita Terkini