-->
    |

PBNU: Banyak Kiyai Yang Kecewa Menteri Agama Pilihan Jokowi

Faktanews.id - Pilihan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Fachrul Razi sebagai Menteri Agama (Menag) cukup mengangetkan banyak kiyai.

Ketua Harian Tanfidziyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Robikin Emhas, mengaku mendapat pertanyaan dari sejumlah kiyai dari berbagai daerah perihal penunjukan Fachrul Razi sebagai Menag.

"Saya dan pengurus lainnya banyak mendapat pertanyaan terkait Menteri Agama. Selain pertanyaan, banyak kiai dari berbagai daerah yang menyatakan kekecewaannya dengan nada protes," ujar Robikin, Rabu (23/10/2019).

Menurut Robikin, para kiyai tidak habis pikir pilihan politik Jokowi dalam menempatkan Fachrul Razi sebagai Menag. padahal, katanya, para kiai paham Kemenag harus berada di garda depan dalam mengatasi radikalisme berbasis agama.

"Para kiai sudah lama merisaukan fenomena terjadinya pendangkalan pemahaman agama yang ditandai merebaknya sikap intoleran. Lebih tragis lagi, bahkan sikap ekstrem dengan mengatasnamakan agama. Semua di luar kelompoknya kafir dan halal darahnya. Teror adalah diantara ujung pemahaman keagamaan yang keliru seperti ini," katanya.

Lebih lanjut, Robikin menyampaikan bahwa NU secara kelembagaan sudah mengingatkan akan bahaya radikalisme.

"Karena kondisi dan daya destruksi yang diakibatkan, secara kelembagaan jauh waktu NU tegas mengingatkan bahaya radikalisme itu. Bahkan NU menyatakan Indonesia sudah kategori darurat radikalisme, disamping darurat narkoba dan LGBT," tandas dia.

Diketahui, Fachrul Razi ditunjuk menjadi Menteri Agama oleh Jokowi. Latarbelakang Fachrul Razi diketahui dari militer. (RF)

Komentar Anda

Berita Terkini