-->
    |

Ketum Forum Rekat: Prabowo Sudah Jadi Menhan, Ryamizard Bisa Jadi Presiden 2024

Faktanews.id - Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto sudah resmi menjadi Menteri Pertahanan (Menhan). Prabowo menggantikan Ryamizard Riyacudu setelah ditunjuk Presiden Jokowi.

Ketua Umum Rekonsiliasi Masyarakat Indonesia (Rekat Indonesia) Eka Gumilar menyambut positif Prabowo menjabat Menhan ini. Menurut Eka, jabatan yang disandang Prabowo karena hak proregatif presiden Jokowi.

"Pergantian Menhan dari Ryamizard Ryacudu kepada Prabowo adalah hak Prerogratif Presiden,dan hal yg wajar. Presiden pasti punya perhitungan dan pertimbangan sendiri. Saya kira Rekonsiliasi adalah salah satu alasannya," ujar Eka kepada wartawan, Sabtu (26/10/2019).

Menurut Eka, Prabowo dan Ryamizard merupakan sahabat karena kedua tokoh nasional ini latar belakangnya sama, yaitu militer. Keduanya kata Eka pasti saling mendukung satu sama lain.

Eka kemudian menilai bahwa Prabowo merupakan sosok rendah hati. Kendati pernah menjadi capres, dia tak masalah dirinya menjadi Menhan karena menurut Eka, mantan Danjen Kopassus itu memiliki pemikiran besar untuk kepentingan bangsa dan negara

"Pak Prabowo itu Capres, tapi mau rendah hati menjadi Menhan demi Bangsa, Nah pak Ryamizard mantan Memhan, bisa jadi justru jadi Capres 2024 kan? Dipolitik semua bisa terjadi," ucap Eka.

Eka menambahkan dirinya kerapa diberi nasehat oleh Ryamizard. Menurut Eka, Ryamizard akan terus mengabdi untuk bangsa dan negara. Namun demikian, kata Eka, Ryamizard tidak suka melakukan manuver politik untuk kekuasaan

"Dalam suatu kesempatan beliau sampaikan kepada saya bahwa hidup beliau ini sudah dihibahkan untuk bangsa  Beliau tidak anti politik tapi tidak terlalu suka bermanuver politik, karena hidup itu harus terus menambah kawan dan saudara, jangan hari ini kawan besok masa jadi lawan? Jangan halalkan semua acara hanya untuk berkuasa," kata dia.

Lebih lanjut, Eka menambahkan bahwa sumbangsih dan kontribusi Ryamizard selalu mendapat apresiasi dari sejumlah kalangan, khususnya para tokoh mulai dari Aceh sampai Papua, yang tergabung dalam Forum Rekat Indonesia.

"Para tokoh-tokoh yang selama ini aktif di forum Rekat Indonesia semua mengakui sikap bijak dan kebapaan beliau yang selalu merangkul semua golongan," tambah Eka.

Eka kemudian menyampaikan testimoni terkait sosok Ryamizard. Berikut testimoni Eka terkait sosok Ryzamizard dimata para tokoh lintas agama budaya dan adat.

Pertama, Ryamizard mampu mengayomi dan mempersatukan semua elemen bangsa. Berpikir lurus dan tulus adalah ciri khas pemimpin berjiwa Raja, rindu memberi pada bangsanya dan tidak meminta.

Kedua, Ryamizard anti pencitraan dan tidak terlalu bermanuver politik. Beliau selalu tampil apa adanya, berbicara lugas dan tetap berwibawa.

Ketiga, Ryamizard selalu menyerukan Nasionalisme dan persatuan Indonesia

Keempat, Ryamizard dibesarkan dari lingkungan keluarga tentara yang memegang disiplin dan sumpah sapta marga. Jendral yang masih masih harum namanya dekat dengan rakyat dan prajurit

Kelima, memiliki kasih dan cinta yang tulus pada rakyat Indonesia, berbaca dari sikap dan pemikiran beliau yang tidak pernah macam macam

Keenam, Ryamizard kader PDIP yang memiliki kedekatan dengan ketua Umum Megawati Soekarnoputri sejak kecil dan dekat dengan para tokoh politik lintas partai, lintas agama dan adat.

Ketujuh, beliau tidak memiliki ambisi memjadi Presiden, tapi bangsa ini mmebutuhkan pemimpin yan berjiwa seperti beliau, tidak ambisius tapi memiliki cinta kasih pada Rakyat.

Eka sendiri adalah kader DPP Partai Gerindra. Eka kerap mengkritik kebijakan partainya. Namun demikian, Eka mengaku bukan tidak menghormati Prabowo.

"Saya menghormati Pak Prabowo, walau saya sering membuat otokritik, kerena saya ingin Gerindra tidak terkesan anti kritik pada ketumnya, apalagi saya ikut berjauang di BPN dan membentuk partai emak emak, dan Relawan Praga," jelas eka

"Saya menilai dengan beliau bersedia jadi menhan beliau siap ambil resiko, tidak boleh gagal mewujudkan visi-misi presiden. Karena ketika gagal bisa berdampak juga pada partai yang dipimpinnya. Kita harus support dan doakan agar pak Prabowo bisa menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya," katanya. (RF)
Komentar Anda

Berita Terkini