|

Dosen Dan Mahasiswa Trisakti Gelar Hibah PKM Kemenristek Dikti

Faktanews.id - Dosen Jurusan Teknik Industri Rina Fitriana, Wawan Kurniawan, dan Dosen Jurusan Teknik Informatika Anung Barlianto beserta  mahasiswa Jurusan Teknik Industri FTI Universitas Trisakti Ralph Vincent Sapulette, Brahmantyo Anggoro dan Jaquline Glenadys Siregar melaksanakan Hibah PKM  Kemenristek Dikti dengan judul Program Kemitraan Masyarakat Usaha Kecil Menengah Dodol Betawi di Kramat Jati Jakarta Timur.

Dosen dan mahasiswa melakukan pendampingan terhadap UKM dodol di Jakarta Timur, pada  perusahaan  MAMAS CONDET. UKM ini memiliki usaha makanan tradisional berupa dodol Betawi, yang  berambisi untuk mengembangkan usahanya dalam bidang sistem informasi pemasaran, perbaikan kualitas produk, manajemen dan perbaikan pengemasan produk, sehingga dianggap layak untuk mendapatkan binaan Pengabdian kepada Masyarakat berupa program kemitraan yang bertujuan untuk melakukan pendampingan agar sistem informasi pemasaran, perbaikan kualitas produk, Good Manufacturing Practice (GMP) yang akan dihasilkan dapat membantu mereka dalam mengembangkan usaha.

Sistem Informasi Pemasaran berbasis Website yang dibuat untuk UKM pegusaha dodol Betawi Hj Mamas adalah http://dodolhjmamascondet.com/ digunakan untuk pemasaran dodol Betawi dan makanan Betawi lainnya. Usulan perbaikan Good Manufacturing Practice (GMP) dengan pembuatan display GMP dan pembarian masker, topi, sarung tangan, sepatu, apron (celemek).

Perancangan alat pelinting dodol digunakan untuk mempermudah UKM dalam melinting dodol. Sistem Informasi pemasaran. Sistem Informasi Pemasaran berbasis website untuk UKM Dodol Betawi dan Display Good Manufacturing Practice telah mendapatkan Surat Pencatatan hak cipta  dari Kementrian Hukum dan HAM Republik Indonesia.

Pada hari Rabu tanggal 16 Oktober telah dilaksanakan monev Hibah PKM di Universitas Esa Unggul dan pada hari Kamis tanggal 17 Oktober 2019 telah dilakukan kunjungan ke UKM Dodol Betawi Hj. Mamas Condet dengan Reviewer Hibah PKM  Ibu Dr. Eka Martiningsih.

Ketua Jurusan Teknik Industri FTI Universitas Trisakti Rina Fitriana, mengatakan hasil Hibah PKM Dosen dan Mahasiswa FTI Usakti sangat berguna, telah diimplementasikan dan sangat membantu UKM Dodol Betawi Hj Mamas Condet. UKM Dodol Betawi sangat perlu dikembangkan agar dapat menjadi salah satu pilihan oleh oleh khas Betawi yang dapat mendorong pariwisata di Jakarta.

Dia berharap semoga dengan dilakukan kegiatan ini selain dapat membantu UKM, pemda DKI dan juga meningkatkan nama baik Universitas Trisakti. (RF)
Komentar Anda

Berita Terkini