|

Inilah 6 Poin Yang Dideklarasikan Cipayung Plus Terkait Papua

(Kolompok Cipayung Plus Kota Makasar Deklarasi Papua Damai)
Faktanews.id - Sejumlah organisasi kepemuduaan menggelar deklarasi damai untuk Papua di monumen Mandala Makassar, Selasa (3/9/2019). Mereka tergabung dalam kolompok Cipayung Plus. Tema yang diusung pada deklarasi ini adalah "Dari Sabang sampai Merauke kita Semua Bersaudara".

Ada enam poin yang dibacakan pada acara deklarasi damai tersebut. Berikut selengkapnya.

Pertama, menghimbau seluruh elemen bangsa jangan terpancing isu rasialisme yang akan mencederai keharmonisan sesama anak bangsa.

Kedua, menyatakan kepada seluruh rakyat Indonesia bersatu padu melawan pihak atau kelompok tertentu yang merobek keutuhan NKRI.

Ketiga, menyatakan Papua adalah wilayah integral NKRI yang harus di jaga bersama-sama dan NKRI harga mati.

Keempat, menyatakan bahwa kota Makassar adalah kota yang menjunjung nilai-nilai kebudayaan sipakatau sipakainge sipakalebbi dan merupakan corong pendidikan Indonesia Timur yang senantiasa menjaga tatanan hidup bersama.

Kelima, bahwa Pancasila sebagai konsensus yang telah final dan Bhinneka Tunggal Ika tidak mengenal rasisme kita anak bangsa yang lahir dari rahim yang sama yaitu Ibu Pertiwi.

Keenam, menghimbau kepada pihak asing tidak ikut campur kedaulatan NKRI.
Setelah deklarasi dilanjutkan penandatanganan pakta integritas Deklarasi Damai Untuk Papua oleh masing-masing  Ketua yang tergabung dalam Cipayung Plus Kota Makassar dan perwakilan Mahasiswa Papua.

Untuk diketahui, Organisasi yang tergabung dalam Cipayung Plus Kota Makassar ini terdiri dari Persatuan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Persatuan Mahasiswa Kristen Republik Indonesia (PMKI), Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI), Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Liga Mahasiswa Nasional untuk demokrasi (LMND), Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI). (RF)
Komentar Anda

Berita Terkini