|

Gelar Dialog Kebangsaan, Forum REKAT Undang Menhan Ryamizard, Tokoh Lintas Agama dan Adat se Indonesia

Faktanews.id - Forum Rekonsiliasi Masyarakat (REKAT) kembali mengundang sejumlah tokoh agama dan adat pada dialog bertajuk "Jaga Bhineka Tunggal Ika, Siap Bela Negara, Indonesia Rumah Kita". Dialog akan berlangsung pada Rabu 2 Oktober 2019 di Grenad Sahid Hotel, Jakarta.

Ketua Forum Rekat Eka Gumilar, pihaknya mengundang tokoh lintas agama dan adat mulai dari Aceh sampai Papua. Selain itu, kata Eka, Menteri Pertahanan (Menhan)  Ryamizard Ryacudu juga dipastikan hadir pada acara dialog tersebut.

"Karena kita mempunyai tujuan untuk menyatukan anak bangsa. Kita tak ingin anak bangsa bercerai berai. Makanya kita undangan Pak Menhan Ryamizard dan tokoh-tokoh lintas agama dan adat mulai dari Aceh sampai Papua," ujar Eka kepada wartawan, Senin (30/9/2019).

Eka mengatakan, keanekaragaman Indonesia dan ideologi Pancasila harus dijaga karena negara ini tidak hanya dihuni satu kolompok. Sebab, kalau keanekaragaman ini tak dijajaga maka potensi perpecahan antar anak bangsa cukup rawan.

"Indonesia memiliki keanekaragaman adat, budaya, serta agama, menjadi sangat rawan terpecah jika nilai-nilai Pancasila dan persatuan tidak terus dijaga dab digelorkan," papar Eka.

Eka menambahkan, Pancasila sebagai permersatu bangsa,  harus terus disosialisasikan dalam segala bentuk, baik nilai yang terkandung di dalamnya, agar nilai-nilai Pancasila itu dapat dipraktikan masyarakat dalam kidupan sehari-hari.

"Kami bersama Kementerian Pertahanan beberapa kali menyelenggarakan acara dialog dan pandangan para tokoh, dengan menggelar acara silaturahmi dan dialog yang dikemas entertaiment sehingga acara-acara Rekat dapat menginspirasi  peserta aga bisa saling merekatkan dan menularkan semangat persatuan di masyarakat," tukas Eka.

Tokoh-tokoh yang bakal hadir menurut Eka Gumilar adalah Menhan Ryamizard, KH Ma'ruf Amin, Puan Maharani, Anies Baswedan, Muhammad Zainul Majdi (TGB), Sri Sultan Hamengkubuwono, Hashim Sujono Djojohadikusumo, Ustad Zaitun Rasmin.

Sementara yang menjadi narasumber pada acara tersebut adalah T. Muadzakir Manaf, Jaya Suprana, Ahmad Syafii Maarif, Muhammad Asdar, Lenis Kagoya, Ramses Wally, Ridwan Saidi, Ishadi, Panglima Kumbang, dan Ahmad Zaki Iskandar. (RF)
Komentar Anda

Berita Terkini