-->
    |

DPR RI Raih Penghargaan Indonesia Digital Initiative Awards 2019

Faktanews.id - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo kembali dibanjiri penghargaan. Kali ini datang dari Indonesia Digital Initiative Awards 2019 atas upanyanya sebagai inisiator aplikasi DPR NOW yang memanfaatkan teknologi informasi untuk mendekatkan DPR RI dengan rakyat. Konsep besar 'DPR dalam Genggaman Rakyat' melalui berbagai fitur futuristik yang terdapat dalam aplikasi DPR NOW, membuat DPR RI menjadi open parliament pertama dunia yang menyediakan informasi hasil rapat, pengaduan masyarakat, sampai live streaming berbagai kegiatan secara real time and real live.

"Perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat harus dilihat sebagai peluang, bukan sebagai ancaman. Karenanya kita harus cerdik dalam memanfaatkan teknologi informasi untuk membuat nilai tambah bagi kehidupan manusia. Kuncinya, ide dan gagasan tak boleh dimatikan. Dari ide dan gagasan itulah, saya mendorong DPR RI melahirkan aplikasi DPR NOW, yang kini bisa diunduh di smartphone siapapun. Kapanpun dan dimanapun, semua orang bisa memantau aktifitas DPR RI melalui aplikasi DPR NOW tersebut. Menjadikan DPR RI bukan hanya sebagai parlemen terbuka, melainkan juga sebagai parlemen yang berani buka-bukaan," ujar Bamsoet saat menerima penghargaan Indonesia Digital Initiative Awards 2019 kategori Aplikasi Terbaik dan Inovatif di Jakarta, Jumat (20/9/19).

Pemberian penghargaan Indonesia Digital Initiative Awards 2019 juga didasarkan pada penilaian empat variabel. Pertama, kualitas tampilan dan branding. Kedua, substansi konten. Ketiga, aktifitas. Keempat, user experiance. Dewan jurinya juga bukan orang sembarangan. Terdiri dari pakar IT, praktisi media, hingga pemerhati kinerja lembaga legislatif. Antara lain Rubby Alamsyah (pakar IT), Aubert Reginald (Perusahaan IT Maven Digital Asia), Agus Sudibyo (Dewan Pers), J. Osdar (Jurnalis), dan Lucius Karus (Formappi).

Legislator Dapil VII Jawa Tengah meliputi Kabupaten Purbalingga, Banjarnegara, dan Kebumen ini menjelaskan, selain aplikasi DPR NOW, DPR RI juga memiliki tiga aplikasi kekinian lainnya yang juga dapat di download di smartphone. Yakni aplikasi DPR RI, DPR e-Library, dan DPR PPID. Tak hanya itu, website DPR RI yang bisa diakses melalui www.dpr.go.id maupun berbagai aplikasi media sosial di intagram, twitter, facebook, dan youtube dengan akun DPR RI juga dikemas dengan tampilan yang menarik sehingga tak terkesan kaku dan membuat masyarakat nyaman dalam mengaksesnya.

"Sebagai lembaga perwakilan, Humas DPR RI juga seringkali mendapat berbagai penghargaan. Yang terbaru adalah Bronze Award untuk Kategori Government Public Relation dari ajang Public Relation Indonesia Award (PRIA) 2019, serta sebelumnya Indonesia Community Engagement (ICE) Award 2018 dalam kategori partisipasi pembangunan. Dengan berbagai penghargaan tersebut, kedepannya DPR RI tentu harus semakin meningkatkan kualitas kinerja, jangan sampai justru malah jalan ditempat atau bahkan mengalami kemunduran," tutur Bamsoet.

Penghargaan Indonesia Digital Initiative Awards 2019 yang diterima Kepala Badan Bela Negara FKPPI ini semakin melengkapi berbagai penghargaan lainnya yang telah ia terima sejak tahun 2018 menjabat sebagai Ketua DPR RI. Antara lain Best Parliamentarians 2019 oleh Obsession Media Group, The Best and The Next Legislator Award 2019 dari Berlian Organizer, 10 Tokoh Politik dengan Branding Otentik 2018 dari Polaris Data and Story Lab, Anugerah Pers Jawa Tengah 2018 dari Suara Merdeka Network, Best Communicators 2018 dari majalah PR Indonesia, serta Golden Democracy Award 2018 dari Rakyat Merdeka Online.

"Apresiasi yang datang dalam bentuk berbagai penghargaan tersebut telah menjadi bahan bakar bagi saya maupun keluarga besar DPR RI, agar tak pantang menyerah dalam hal apapun. Jika ada kritik tajam yang datang, tak perlu sampai dibawa ke perasaan, tapi cukup dijadikan introspeksi untuk meningkatkan profesionalitas bekerja. Jika kita mau untuk terus memperbaiki diri dan kinerja, Insya Allah apresiasi dari berbagai kalangan akan datang dengan sendirinya. Yang terpenting jangan sampai besar kepala, tapi cukup besar semangat saja" pungkas Bamsoet. (RF)
Komentar Anda

Berita Terkini