-->
    |

16 BEM se-DKI Jakarta Tolak Gerakan People Power

(16 BEM se-DKI Jakarta konfrensi pers tolak gerakan people power)
Faktanews.id - Ratusan mahasiswa lintas kampus menggeler konfrensi pers di Resto Pempek Kita, Duren Tiga, Jakarta Selatan, Kamis (16/5/2019). Mereka menyampaikan pernyataan sikap perihal penolakan mereka terhadap rencana aksi people power yang digaungkan Dewan kehormatan DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais. Mereka mengatasnamakan diri Gerakan BEM Jakarta.

Koordinator Gerakan BEM Jakarta, Andi Prayoga mengatakan ada 16 BEM yang tersebar di Jakarta sepakat menolak gerakan people power. Alasanya, kata Andi, mereka menganggap gerakan people power mengancam akan keutuhan NKRI.

"Kami menolak rencana gerakan people power yang membahayakan bangsa ini," ujar Andi.

Menurut Andi, sebaiknya rencana gerakan people power dibatalkan jika hanya berlandaskan pada dugaan kecurangan Pemilu. Jika ada pihak yang merasa dirugikan dalam Pemilu, kata Andi, harus menempuh mekanisme hukum yang sudah diatur dalam undang-undang.

"Kami sudah melakukan kajian fokus terhadap gerakan people power. Dan mengetahui dampak negatifnya lebih besar. Gerakan people power akan menimbulkan korban jiwa dan ketimpanhan ekonomi," katanya.

Dia meminta masyarakat untuk tidak terprovokasi. Sebab, rencana gerakan people power sarat dengan kepentingan politik kolompok tertentu karena people power terkait dengan Pemilu. Apalagi, yang menginisiasi gerakan ini adalah politisi.
"Yang nenginisiasi bukan aktivis, tapi politisim ini sarat kepentonhan politik. Ini beda dengan gerakan 98. Karena 98 itu diinisiasi aktivis, bukan politisi," katanya.

Kemudian, dia meminta TNI-Polri mengantisipasi dan melakukan pengamanan serta menegakkan hukum sehingga tercipta situasi yang aman, damai, dan kondusif.

"Karena bagi kami rencana gerakan people power itu berbahaya setalah kami melakukan fokus kajian. Mari merajut silaturahmi dengan bersatu dan berkeluarga dalam bingkai NKRI," tandasnya.

Andi menyebutkan 16 BEM yang sepakat menolak rencana gerakan people power. Diantaranya adalah BEM Kampus Stebank Islam Jakarta, BEM Universitas Islam Jakarta, BEM Universiyas Az Zahra, BEM Unindra, BEM MPU Tantular, BEM Stemik Jayakarta, BEM UNTAG, BEM Universitas At Tahiriyah, BEM UBK, BEM UIC, BEM Universitas Islam As-syafi’iyav, BEM UHAMKA, BEM UIN Syarif Hidayatullah, BEM Universitas Jayabaya dan beberapa mahasisa lainnya. (RF)
Komentar Anda

Berita Terkini