|

Sabtu Besok, PB HMI Gelar Diskusi "Eksplorasi SDA Berbasis Kelestarian Lingkungan"

FaktaNews.id - Bidang Pengembangan Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) menggelar diskusi publik bertajuk "Eksplorasi Sumber Daya Alam Berbasis Kelestarian Lingkungan".

Diskusi akan berlangsung pada pukul 14:00 dan dilaksanakan di Sekretariat PB HMI, JL. Sultan Agung No. 25 A, Guntur, Jakarta Pusat, Sabtu (16/2/2019) besok.

Narasumber yang dihadirkan adalah Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto, Peneliti Asosiasi Ekonomi Politik Indonesia (AEPI) Salamuddin Daeng, Direktur ICEl Hendri Subagyo, dan Ketum PB HMI Saddam Al Jihad.

"Semoga narasumber kita mampu memberikan pencerahan yang mampu memberikan jalan keluar dari persoalan bangsa Indonesia yang sudah semakin jauh dari cita-cita awalnya untuk berdaulat pada sektor politik, migas dan ekonomi," ujar ketua bidang PSDA PB HMI, Pahmuddin, Jumat (15/2/2019).
Menurut Pahmuddin, diskusi publik yanggm digelae PB HMI ini sebagai upaya memberikan diskursus dan telaah kritis para narasumber terhadap proses eksplorasi dan eksploitasi SDM Indonesia yang memguntungkan negara untuk kemauran rakyat.

"Di lain sisi kita harapkan kepada pemerintah untuk tegas pada prosses pemeliharaan lingkungan pasca eksploitasi, baik tambang migas ataupun batubara dan lain-lain," tandasnya.

Dia menyampaikan, wajib ada tindakan dan sikap jelas secara cepat dari pemerintah dalam penyelesaian masalah sumber daya alam dan didukung semua elemen masyarakat.

"Setidaknya pasca pelaksanaan seminar kita tercerahkan mengikuti debat Capres yang akan membahas satu tema penting yaitu ketahanan pangan, energi, SDA dan infrastruktur," ucap Pahmuddin. (RF)

Komentar Anda

Berita Terkini