|

Polri Kerahkan Pasukan untuk Misi Perdamaian PBB di Kongo

FaktaNews.id - Republik Demokratis Kongo tengah dilanda konflik berkepanjangan. Polri kemudian mengirimkan personelnya untuk misi pemeliharaan perdamaian PBB.

Karo Misi Internasional Polri Brigjen Krishna Murti mengatakan, ada empat personel yang akan dikirim ke Kongo yakni, seorang Polwan beranama Ipda Anita Tri Kurniawan Dewi, yang akan memimpin tim yang terdiri atas Bripka Eva Purwanti dan Brigadir Nova Chairul Jannah dari Polda Kalimantan Barat, serta Bripka Edy Suparji dari Bareskrim Polri.

"Penugasan keempat personel tersebut ke misi PBB MONUSCO di DRC akan dilaksanakan selama satu tahun dan sementara akan meninggalkan tugas di kesatuan asalnya dan tentu keluarga yang mereka sayangi, namun mereka semua bersedia dan siap mengorbankan apa pun demi suksesnya tugas yang akan diemban sebagai duta bangsa dari Polri yang akan pertama kalinya bertugas di DRC," ujar Krishna melalui keterangannya, Minggu (6/1/2019).

Menurut Krishna, tim yang akan dikirimkan ke Kongo terdiri dari empat personel yang sudah dilatih sejak Mei 2018 dengan tes UNSAAT (United Nations Selection Assistance and Assessment Team). Disebutkan, pengiriman personel perdamaian Polri ke Kongo merupakan sebuah prestasi dari Divisi Hubungan Internasional Polri yang saat ini dipimpin Irjen Saiful Maltha.

"Penguji yang didatangkan langsung dari markas besar PBB, 81 orang dinyatakan lulus dan beberapa di antaranya telah dibekali dengan kemampuan bahasa Prancis karena saat ini misi PBB didominasi negara dengan latar bahasa Prancis," ujarnya.

Menurut Krisna, pertama kalinya Polri mengirimkan personel perdamaian yang mengemban misi pemeliharaan perdamaian PBB.

"Ini merupakan kontingen pertama dari Polri yang akan melaksanakan misi perdamaian di bawah bendera PBB di DRC (Democratic Republic Congo)," pungkas Krishna.
Komentar Anda

Berita Terkini