|

Pesan Kapolri Kepada Kabareskrim, Kapolda dan Kabaintelkam Yang Baru Dilantik

(Sertijab sejumlah jabatan Perwira Tinggi Polri di Mabes Polri, Kamis (24/1).
FaktaNews.id - Kapolri Jenderal Pol Muhammad Tito Karnavian memimpin upacara serah terima jabatan (sertijab) sejumlah perwira tinggi (Pati) Polri. Upacara sertijab ini dilaksanakan di Rupatama Mabes Polri, Kamis (24/1/2019).

Upacara dimulai dengan penyematan lencana dan pemberian tongkat komando kepada pejabat kepolisian oleh Kapolri. Setelah itu, Kapolri membacakan sumpah jabatan yang kemudian diikuti perwira yang melakukan serah terima jabatan.

Dalam Sertijab kali ini, sejumlah pejabat Polri resmi menempati posisi barunya, diantaranya Kabareskrim Polri Irjen Pol Idham Azis. Idham menggantikan Komjen Arief Sulistyanto, sementara Arief saat ini resmi menjabat sebagai Kalemdiklat Polri.

Sementara posisi Kapolda Metro Jaya yang sebelumnya ditempati Idham, saat ini resmi beralih ke Irjen Pol Gatot Eddy Pramono. Gatot sebelumnya menjabat sebagai Asrena Kapolri.

Komjen Pol Unggung Cahyono yang kini menjabat Kalemdiklat Polri akan menempati jabatan baru, yakni Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Kabaintelkam). Kabaintelkam saat ini, Komjen Pol Lutfi Lubihanto, akan memasuki masa pensiun.

Lalu Kapolda Bengkulu, Brigjen Pol Supratman yang menggantikan Brigjen Pol Coki Manurung. Supratman sebelumnya menjabat sebagai Wakapola Jawa Barat. Coki dipindahtugaskan menjadi Widyaswara Utama Sespim Lemdiklat Polri.
Kapolda Sulawesi Selatan Irjen Pol Umar Septono yang kini menjabat sebagai Wairwasum Polri. Kemudian Dankor Brimob Polri Irjen Pol Rudy Sufahriadi yang kini menjabat sebagai Asops Kapolri. Sedangkan posisi Komandan Brimob akan diisi Irjen Pol Ilham Salahudin.

Kemudian, Kapolda Maluku Utara Brigjen Pol Suroto yang sebelumnya menduduki jabatan Karopsi SSDM Polri akan menggantikan posisi Brigjen Pol M Naufal Yahya yang dimutasi menjadi Waketbidkermadianmas STIK Lemdiklat Polri

Kapolda Sulawesi Tengah Irjen Pol Hamidi yang sebelumnya Pati Densus 88 Antiteror akan menggantikan Irjen Pol Umar Septono yang dimutasi menjadi Wairwasum Polri.
Saat sertijab, Kapolri juga berpesan kepada seluruh pejabat untuk mengemban tugas secara amanah dan memberikan kontribusi bagi organisasi, bangsa, dan negara.

“Di tempat baru apapun tempatnya adalah jalan Tuhan, amanah Tuhan harus diemban sebaik-baiknya,” ujar Tito.

Tito menegaskan, rotasi sejumlah Pati Polri ini tidak ada kaitannya dengan faktor eksternal, seperti politik. Menurutnya, rotasi semata-mata merupakan hal biasa dalam tubuh Polri.

“Polri solid, tolong pihak eksternal mendorong soliditas Polri,” katanya. (Tri)
Komentar Anda

Berita Terkini