-->
    |

Pengamat Sebut Hoaks bagian Character Assassination

(Jerry Massi dalam diskusi "Indonesia Darurat Hoaks" di Kantor PGK/Foto: Ist)
FaktaNews.id - Hoaks dalam bahasanya berarti; "Hacus" atau mengelabui dan berita bohong serta tak benar. Ini termasuk salah satu character assassination (pembunuhan karater) terhadap seseorang.

Hal tersebut dikatakan Pengamat Politik Indonesian Public Institute (IPI) Jerry Massie dalam diskusi bertajuk "Indonesia Darurat Hoaks: Siapa Untung".

Diskusi tersebut Perkumpulan Gerakan Kebangsaan bekerjasama ndonesian Public Institute di Pancoran, Jakarta, Kamis (10/1/2019).

Menurut Jerry ada empat tempat ini perlu pembinaan sebagai langkah preventif terhadap hoaks.

Pertama, rumah (home), disini fungsi orang-tua membentuk anaknya agar terhindar dari hoaks.

Kedua, tempat ibadah baik masjid dan gereja. Fungsi para tokoh agama untuk memberikan arahan moral.

Ketiga, Lingkungan  (Environment) sangat menentukan lantaran home pergaulan dengan orang yang suka hoaks otomatis penyakit ini akan menular.
Keempat, sekolah dan universitas (School and University). Ditempat inilah fungsi guru dan dosen mengajar bahaya hoaks.

Dalam Pilpres kali ini kata Jerry, hoaks dengan dibuat maupun diciptakan untuk merusak kredibiltas seseorang terutama capres dan cawapres.

"Saya lihat ini sengaja dimainakan dengan cara menyerang bahkan mempengaruhi electoral agar tidak memilih capres itu," kata dia.

Jerry pun menggolongkan hoaks yakni, hoaks internal (sengaja dilakukan timsesnya dengan cara menebar fake news (berita bohong) dengan tujuan menjatuhkan lawan politik. Adapula hoaks eksternal, dimana ini pemainnya adalah lawan politik dari si calon tersebut.

Menurut Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, ini bisa disebut "ridiculous circle" (lingkaran setan).

"Hoaks pertama dilakukan pada tahun 1808, dimana dilakukan oleh para pesulap dengan mengelabui penontonnya. Facebook saja beberapa waktu lalu menutup 30 ribu akan hoaks. Bukan itu saja, setiap tahun ada 8000 kasus kasus hoaks, serta  laporan yang masuk tahun 2017 lalu dan ditangani polisi sekitar 3325 kasus," ucap Jerry.

Dia menambahkan, kasus hoax mirip hate speech (ujaran kebencian) yang terjadi di Indonesia, sudah berada pada stadium 4 seperti penyakit kanker.

"Saya prediksi lapor melapor terkait berita hoaks akan terus merajalela. Dan ini sulit dihentikan. Jokowi terus diserang lewat Isu PKI dan Cina. Sedangkan Prabowo isu HAM," ujarnya. (RF)

Komentar Anda

Berita Terkini