|

Kapolri Tandatangani MoU dengan Mensos Terkait Pengamanan Penyaluran Bansos

(Kapolri Jenderal Pol. Tito Karnavian (kiri) dan Menteri Sosial Agus Gumiwang (Kanan) menandatangani MoU penyaluran Bansos/Foto: Ist)
FaktaNews.id - Kapolri Jenderal Pol. Muhammad Tito Karnavian melakukan penandatanganan memorandum of understanding (MoU) dengan Menteri Sosial (Mensos) Agus Gumiwang Kartasasmita, di Ruang Pusdalsis Lantai 5 Mabes Polri Jakarta, Jum’at (11/1/2019).

Pada kesempatan itu, Kapolri melaksanakan Video Conference. Penandatanganan MoU Polri dan Kemensos sebagai kerjasama terkait pertukaran data dan/informasi, bantuan pengamanan dan pengawasan penyaluran Program Bantuan Sosial di Kementerian Sosial (Kemensos).

Acara diawali dengan Penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama antara Kapolri dan Mensos dan disaksikan langsung oleh Ketua Komisi VIII DPR RI, M. . Ali Taher, selaku mitra kementerian Sosial di DPR RI. Acara kemudian dilanjutkan dengan Pertukaran Cinderamata antara Polri dan Kemensos.
(Mensos Agus Gumiwang (kiri), Kapolri Jenderal Pol. Tito Karnavian (tengah) Ketua Komisi VIII DPR RI, M. Ali Taher (kanan)/Foto: Ist)
Memasuki acara inti, dalam sambutannya Mensos Agus Gumiwang, menyampaikan Kepolisian sebagai aparat penegak hukum merupakan mitra yang strategis dalam pengawasan penyaluran bantuan sosial, dengan jaringan yang luas sampai ke pelosok dan kewenangan penegakan hukum yang ada pada kepolisan.

Sinergi antara Kemensos dan Polri dalam Nota Kesepahaman ini akan mendorong terwujudnya tata kelola pemerintahan yang bersih dan bebas dari Korupsi Kolusi serta Nepotisme. Selain itu Polri juga dinilai memiliki Profesionalitas dan mumpuni dalam melakukan pengawalan penyaluran bantuan sosial yang tersebar diseluruh Indonesia.

Sedangkan Kapolri dalam sambutannya menyampaikan, Presiden Jokowi memiliki perhatian yang besar terhadap kesejahteraan Sosial Masyarakat Indonesia dengan Peningkatan anggaran Bantuan Sosial yang mengalami peningkatan 38% dari Tahun sebelumnya.
"Tentunya penyaluran bantuan sosial ini menjadi atensi dari Bapak Presiden RI," ujar Kapolri.

Dengan adanya Nota Kesepahaman ini, Polri berusaha agar Kemensos dapat menjalankan amanat dan tanggung jawab menyalurkan bantuan sosial dengan tepat sasaran, tepat waktu dan tidak bocor. Oleh karena itu akan dibentuk Satgas Pengamanan Penyaluran Bantuan Sosial di Mabes Polri yang akan dipimpin oleh Bintang 2.

Adapaun tugas dari Satgas Pengamanan Penyaluran Bantuan Sosial ini diantaranya adalah:

Pertama, membantu verifikasi bantuan sosial.

Kedua, membantu pengawalan distribusi bantuan sosial.

Ketiga, Memberikan bantuan Non Fisik terkait Bantuan Sosial.

Keempat, membantu mencegah adanya masalah hukum.

Kelima, membantu menyampaikan program di media massa.
“Polri siap membantu Kemensos dalam pemberian bantuan sosial pemerintah kepada masyarakat yang kurang mampu senilai 54,3 Triliyun Rupiah.” Tegasnya.

Sementara itu, Ketua Komisi VIII DPR RI, . Ali Taher, dalam sambutannya menyampaikan “Apresiasi terhadap Polri yang membantu mengawal bantuan pemerintah kepada masyarakat, di hari jumat yang berkah ini semoga Allah SWT meridhai kita semua," ucap Ali.

Dalam vicon kali ini diikuti Jajaran Polda se-Indonesia, kemudian hadir di Pusdalsis Mabes Polri Jajaran Eselon I dan Eselon II Kementerian Sosial, juga turut hadir Ketua Komisi VIII DPR RI Dr. M. Ali Taher, serta Pejabat Utama Mabes Polri.

Acara diakhiri dengan foto bersama dan Wawancara dengan wartawan. Dalam wawancara tersebut, Kapolri menyampaikan Satgas Pengamanan Penyaluran Bantuan Sosial akan dipimpin oleh Koorsahli Kapolri Irjen Pol Muktiono. (RF)
Komentar Anda

Berita Terkini