-->
    |

Bertemu Mahasiswa Anhar Gonggong Merasa Berdialog dengan Masa Depan Bangsa

(Anhar Gonggong (kiri) Bursah Zarnubi (kanan) pada pelatihan kepemimpinan bangsa di Wisma DPR RI Puncak Bogor)
FaktaNews.id - Dewan Pimpinan Pusat Perkumpulan Gerakan Kebangsaan (DPP PGK) kembali menggelar pelatihan lanjutan kepemimpinan bangsa. Peserta pelatihan ini sekitar 120 mahasiswa lintas kampus dan daeah.

Tema pelatihan adalah "Peran Generasi Muda Dalam mendukung Pembangunan Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas 2045" dan digelar di Wisma DPR RI Puncak Bogor, Sabtu (26/1/2019).

Sejarawan Indonesia Anhar Gonggong menjadi pembicara pelatihan kali ini. Di hadapan peserta pelatihan, Anhar mengaku senang bertemu dan bertatap muka kembali dengan mahasiswa.

"Setiap saya bertemu mahasiswa dan pemuda saya seperti berdialog dengan masa depan bangsa," ujar Anhar.
Menurut Anhar, interaksi dan dialog pada momentum ini merupakan sebuah dialog yang cukup berarti karena bukan tidak mungkin dialog kepemimpinan kali ini akan menjadi penentu masa depan peserta pelatihan yang berada di ruangan ini.

"Anda harus berterima kasih kepada PGK sehingga anda bisa duduk di sini. Banyak atau ribuan mahasiwa yang tidak dapat kesempatan seperti anda karena berbagai faktor," katanya.

Anhar kemudian menceritakan soal anak-anak muda masa lalu yang memiliki kesadaran sebuah bangsa yang merdeka dan berdaulat, sehingga mereka mendirikan sebuah organisasi bernama Boedi Oetomo pada 20 Mei 1908.

"Pendiri Boedi Oetomo itu anak-anak muda, umurnya 18 sampai 23 tahun. Mereka terdidik dan tercerahkan," katanya.
Anhar juga menyampaikan kiprah, peranan dan perjuangan Sukarno dan Hatta. Nama dua tokoh pahlawan nasional ini cukup harum dan sampai saat ini menjadi inspirasi kaum pergerakan tanah air. Ke depannya, Anhar berharap muncul anak-anak muda yang memiliki semangat perjuangan tinggi seperti pendiri Boedi Oetomo, Sukarno dan Hatta.

"Tapi tidak mungkin kita melakukan peranan kalau kita tidak ikut perkembangan teknologi. Pendidikan jangan digunakan untuk diri sendiri, tapi untuk kepentingan bangsa," tandas Anhar.

Hadir mendampingi Anhar Gonggong pada kesempatan ini adalah Ketum DPP PGK Bursah Zarnubi, mantan Presiden Pemuda Asia-Afrika Beni Pramula dan Ketua Presidium GMNI Chrisman Damanik. (RF)
Komentar Anda

Berita Terkini