-->
    |

Taruna Akmil Laporkan Kesiapan Prajabakti

FaktaNews.id - Wakil Gubernur Akmil, Brigjen TNI Wirana Prasetya Budi S.E.  mewakili Gubernur Akmil menerima laporan kesiapan letihan praba bakti Taruna/Taruni Akmil tingkat II dan III TP. 2018/2019 di Lapangan Pancasila Kesatrian Akmil Magelang. Laporan kesiapan latihan Praja Bakti tersebut dihadiri oleh para pejabat Distrbusi B Akademi Militer, pelatih Taruna dan para pendukung latihan, Sabtu (1-1218).

Latihan Praja bakti akan dilaksanakan mulai tanggal 2 sampai dengan 7 Desember 2018 di Wilayah kabupaten Wonosobo Jawa Tengah.

Dalam amanat Gubernur Akmil yang dibacakan oleh Wakil Gubenur, Brigjen TNI Wirana Prasetya Budi S.E dikatakan bahwa, salah satu fungsi utama TNI, yaitu Pembinaan Teritorial dengan beberapa metoda Bakti TNI, Pembinaan Komunikasi Sosial dan Pembinaan Ketahanan Wilayah.

Wujud implementasi  nilai-nilai yang terkandung dalam Pembinaan Teritorial TNI adalah Latihan Praja Bakti yang sangat bermanfaat bagi Taruna/Taruni, terutama dalam rangka meningkatkan pemahaman Taruna/Taruni tentang pentingnya kemanunggalan TNI dengan Rakyat.

Pada bagian lain amanatnya, Gubenur Akmil mengatakan bahwa, latihan ini juga memberikan pembekalan kepada Taruna/Taruni untuk dapat meningkatkan kualitas kepemimpinan lapangannya secara aplikatif dan melatih Taruna/Taruni bagaimana cara memecahkan berbagai masalah sosial yang terjadi di masyarakat.

Dewasa ini, masalah-masalah ekonomi, sosial dan budaya yang terjadi di masyarakat sangat dipengaruhi oleh demokrasi dan arus globalisasi, yang berdampak menurunnya sikap kesadaran berbangsa dan bernegara masyarakat kita, terutama kesadaran bela negara, penegakan hukum dan HAM, disiplin nasional serta wawasan kebangsaan.

Berkaitan dengan hal tersebut, Gubenur Akmil berharap dalam melaksanakan kegiatan tersebut para Taruna/Taruni harus selalu menjaga sikap yang baik dan penuh keteladanan, sehingga keberadaan kalian benar-benar dapat mewujudkan nilai-nilai integrasi dan kemanunggalan TNI dengan Rakyat. Sejarah telah membuktikan, bahwa kunci keberhasilan dalam menyelesaikan berbagai permasalahan bangsa Indonesia di masa lalu adalah “Bersatunya kekuatan TNI dengan Rakyat”.

Sebelum mengakhiri amanat tertulisnya, Gubenur Akmil menekankan kepada para Taruna/Taruni maupun pendukung Latihan untuk:

Pertama, beradaptasi dengan kondisi lingkungan masyarakat tempat tinggal nantinya. Pahami dengan baik adat istiadat maupun nilai-nilai sosial kemasyarakatan yang berlaku di daerah tersebut.

Kedua, untuk pelihara fisik dan kesehatan dengan baik, serta memperhatikan faktor keamanan selama mengikuti latihan praja bakti.

Ketiga, agar segera melaporkan kepada para pelatih dan pengasuh bila terjadi hal-hal yang menonjol serta memerlukan tindakan lebih lanjut.

Keempat, penekanan kepada para Taruna/Taruni, bahwa para Taruna/Taruni adalah duta-duta Akademi Militer.

Untuk itu, pegang teguh sikap dan perilaku serta tutur kata sosok seorang Taruna/Taruni yang dapat dibanggakan dan diteladani, sehingga citra dan nama baik Akademi Militer dapat terjaga di tengah-tengah masyarakat Kabupaten Wonosobo.

Amanat Gubernur Akmil ditutup dengan ucapan ucapan “Selamat Melaksanakan Tugas”, kepada para Taruna/Taruni peserta latihan dan meminta untuk berbuat yang terbaik demi kejayaan dan nama baik Akademi Militer. (Red).

Komentar Anda

Berita Terkini