|

Mabes Polri Tinjau Pengamanan Natal di Papua Barat

FaktaNews.id - Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia mengutus tim untuk memantau pengamanan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 di wilayah hukum Polda Papua Barat.

Dalam kunjungannya di Manokwari, Senin, Tim Asistensi Ops Lilin 2019 Mabes Polri yang dipimpin oleh Brigjen Pol Pietrus Waine, memantau sejumlah posko operasi lilin. Tim disambut dan didampingi Wakapolda Papua Barat Kombes Pol Tatang.

Kepala Biro Operasional Polda Papua Barat Kombes Pol Moch Sagi mengatakan, situasi keamanan sehari sebelum Natal ini cukup kondusif. Aktivitas masyarakat berjalan lancar dan belum nampak adanya kejadian luar biasa.

Meskipun demikian, kata Sagi, Polda dan seluruh jajaran Polres terus waspada mengantisipasi segala kemungkinan yang dapat terjadi.

Ia menyebutkan, Situasi menjelang Natal dan Tahun Baru berada dalam tahapan Pemilu Tahun 2019. Hal ini dapat dimanfaatkan elite politik serta oknum lain untuk manuver politik pemenangan yang sangat berpengaruh pada situasi Kamtibmas.

"Momentum Natal dan Tahun Baru dapat dimanfaatkan oleh jaringan terorisme atau kelompok radikal dalam melakukan kejahatan atau teror dengan sasaran masyarakat atau keamanan, sehingga kami tetap waspada," ucap Karo Ops.

Potensi yang dapat mengganggu kamtibmas, lanjut Sagi, Laka lantas, kenaikan harga sembako dan kelangkaan bahan bakar minyak, bentrokan masa, bencana alam, dan kriminal.

"Sejuah ini cukup kondusif, semoga tidak ada peristiwa yang dapat mengganggu kenyamanan Natal, seperti lakalantas yang berujung pemalangan jalan serta dampak lainya," tukasnya.

Pada Operasi Lilin Mansinam 2018 ini Polda Papua Barat dan Polres jajaran mendirikan 23?Posko Pengamanan. Di Manokwari terdapat 3 Pos PAM dan 2 Pos Pelayanan, Kota Sorong 2 Pos?PAM dan 2 Pos Pelayanan, Kabupaten Sorong 2 Pos PAM dan 2 Pos Pelayanan.

Berikutnya, Sorong Selatan 2 Pos PAM dan 2 Pos Pelayanan, Raja Ampat 2 Pos PAM dan 1 Pos Pelayanan, Fakfak 3 Pos dan 1 Pos Pelayanan, Kaimana 2 Pos dan 3 Pos Pelayanan, Bintuni 3 Pos PAM dan 1 Pos Pelayanan serta Teluk Wondama 4 Pos PAM dan 1 Pos Pelayanan. Antara
Komentar Anda

Berita Terkini