|

Jokowi Puji Gerak Cepat TNI-Polri Bantu Korban Tsunami Selat Sunda

FaktaNews.id - Gerak cepat aparat TNI-Polri membantu evakuasi korban bencana tsunami di Selat Sunda, mendapat pujian dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Hal itu disampaikan Jokowi saat melakukan peninjauan dampak tsunami yang memporaporandakan sebagian tanah Banten. Selain meninjau dampak tsunami, Jokowi juga sempat menemui korban tsunami yang sedang mengungsi.

Dalan kesempatan itu, Jokowi didampingi Kapolri Tito Karnavian, Panglima TNI Hadi Tjahjanto, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Kesehatan Nila F Moeloek, dan Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita.

Menurut Jokowi, aparat Polri-TNI bersama Pemerintah Daerah akan terus membantu evakusasi korban tsunami.
“Saya melihat evakuasi sudah dilakukan secara cepat oleh TNI dan Polri dibantu Pemda dan kecepatan-kecepatan evakuasi di lapangan ini patut kita apresiasi. Sangat saya hargai, juga cepat apa yang harus dilakukan,” kata Jokowi saat jumpa pers di Hotel Mutiara Carita, Pandeglang, Senin (24/12/2018).

Selanjutnya, Jokowi menambahkan aparat TNI dan Polri akan memantau dampak tsunami dari laut, termasuk mencari korban yang belum ditemukan.

“Hari ini akan disisir kembali, tapi lewat laut, mengenai kemungkinan-kemungkinan tempat yang belum terpantau oleh kita,” katanya.

Sementara bagi korban yang selamat dan mengalami luka-luka, Jokowi mengatakan akan membawa mereka ke fasilitas kesehatan untuk mendapatkan perawatan medis yang dibutuhkan. Itulah yang menjadi fokus kerja tim gabungan hari ini.
Selain itu, Jokowi juga telah meninjau dampak tsunami terhadap fasilitas pariwisata di Kabupaten Pandeglang, termasuk Hotel Mutiara Carita. Sejumlah bangunan penginapan dan turap penahan gelombang di pinggir pantai daerah itu rusak diterjang tsunami. (RF)

Komentar Anda

Berita Terkini