-->
    |

Inilah Laporan Kinerja Polda Jawa Barat Tahun 2018

FaktaNews.id - Bertempat di Aula Herman Sujana Mapolda Jabar Jalan Soekarno Hatta No.748 Bandung, Kepolisian Negara Republik Indonesia Daerah Jawa Barat menggelar konferensi pers akhir tahun 2019 yang di pimpin oleh Kapolda Jabar, Irjen Pol. Agung Budi Maryoto didampingi Wakapolda Jabar, Kabidhumas serta Jajaran Pejabat Utama Polda Jabar, Kapolrestabes Bandung, para Kapolres di wilayah hukum Polda Jabar, Jum’at (28/12). Hadir pula dalam acara tersebut sejumlah insan media dari berbagai lembaga media se-Jawa Barat yang sudah tergabung dalam Pokja Polda Jabar.

Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Agung Budi Maryoto mengucapkan terima kasih kepada insan pers yang sudah dirasakan kerjasamanya dengan Polri, khususnya Polda Jabar yang telah membantu Polda dalam memberitakan setiap kegiatan yang menyejukan dan kepada semua stackholder yang membantu kinerja Polda Jabar, hingga dengan Penanganan secara Preventif tingkat kejahatan di Wilayah Hukum Jawa Barat dapat menurun.

”Seiring dengan Intruksi Kapolri tidak segan-segan untuk menindak pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan baik itu oleh Perwira Polri ataupun Pamen Polri,” tutur Agung.

Untuk saat ini diakhir tahun 2018, kasus yang masih mendominasi adalah Narkoba sebanyak 1744 kasus, naik 0,82% yang sebelumnya ditahun 2017, hanya 2.699 perkara. Dipertengahan tahun 2018 menjadi 2.721 perkara dengan penanganan secara preventif kini menjadi 1744 perkara.

“Anatomi Laka Lantas akan dilakukan langkah langkah preventif di semua Ditlantas Jabar, Laka Lantas masih didominasi oleh R2 (roda dua) dengan R2,” jelasnya.

Sementara untuk kasus cyber crime, Polda Jabar akan segera kukuhkan Kasubid Cyber dan di Kabidhumas Polda Jabar ada Kasubid Media. Dan untuk penanganan kasus PTDH adalah Kabid Propam.

Kapolda juga memberikan jabaran bahwa, kriminalitas ditahun 2018 menurun 18,36% (4.632 perkara) yang sebelumnya 25.230 perkara.

Selanjutnya untuk kejahatan konvensional menurun ditahun 2018 29,50%, (7.169 perkara) yang sebelumnya 24.298 perkara menjadi 17.129 perkara.

Seterusnya kejahatan jalanan diantaranya: Curat (pencurian dengan pemberatan) menurun 33,78% (1.006 perkara) dari 2.978 perkara.

Curas (pencurian dengan kekerasan) dari 824 perkara menjadi 514 perkara Curanmor (pencurian kendaraan bermotor) dari 5.105 perkara menurun menjadi 2.864 perkara, ungkapnya.

Ditambah Kapolda, untuk Operasi Kepolisian yang dilakukan di tahun 2018 yaitu: Operasi keselamatan Lodaya dengan sasaran meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas, Operasi Bina Kusuma, dengan sasaran pembinaan kelompok anti sosial,

Operasi Patuh Lodaya dengan sasaran meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat dibidang Kamseltibcarlantas menjelang Idul Fitri dan Tahun Baru 2019.

Terakhir untuk terobosan kreatif, Polda Jabar dan Jajarannya Membentuk Dumas Online, Wasrealisasi anggaran online, SKCK, SIM, BPKB, SP2HP Online dan E-samsat, Samsat Online, Samsat Desa, Samsat Weekend, Samsat Ahad dan lain-lain, pungkas Kapolda Jabar.

Kemudian setelah sholat Jum’at, Kabidhumas Polda Jabar mengajak para Insan Media dan keluarga besar Bidang Humas Polda Jabar Ngopi Bareng di RM. Bumi Panyileukan. (Red).

Komentar Anda

Berita Terkini