-->
    |

UI Kirim Tim Bantu Masalah Kemanusiaan di Asmat


FaktaNews.id - Universitas Indonesia (UI) mengirimkan tim bantuan UI Peduli untuk membantu masyarakat di Kabupaten Asmat, Papua, sebagai bagian dari pengabdian masyarakat mulai 16-22 Februari 2018.

"Ini upaya respons cepat dari kami terhadap permasalahan di Papua dan juga sebagai upaya pendekatan multidisiplin dari kami untuk merumuskan solusi jangka menengah dan panjang untuk permasalahan Papua," kata Direktur Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) UI Prof. Heri Hermansyah, dalam keterangan tertulisnya, Jumat.

Ia mengatakan Tim berjumlah 24 orang yang dikoordinasikan oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) UI ini merupakan gabungan dari unsur Majelis Wali Amanat UI, Ikatan Alumni UI, Direktorat Kemahasiswaan, tim dokter Fakultas Kedokteran UI, pakar akademisi dari berbagai fakultas di UI, K3L, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM UI), dan Resimen Mahasiswa (Menwa).

Selain itu juga Tim dokter yang dikirim terdiri dari spesialis anak, dokter umum, ahli gizi, dan tenaga biomedik. Ikatan Alumni Fakultas Teknik UI juga memberikan bantuan berupa Tabung Listrik (TaLis) untuk membantu distribusi listrik ke daerah-daerah Papua.

TaLis adalah inovasi dari dosen FTUI, Dr. Chairul Hudaya. Dalam konsep TaLis, energi listrik bisa disimpan dalam sebuah media penyimpanan energi (baterai) untuk selanjutnya dipakai mengoperasikan peralatan elektronik.

"Dengan alat ini, distribusi listrik dapat dilakukan dengan mudah tanpa bergantung dari kabel dan transmisi pembangkit tenaga listrik," katanya.

Tim UI Peduli di Papua ini akan melaksanakan proses rapid assestment. Ini adalah sebuah proses pemetaan permasalahan di suatu daerah melalui proses survei lapangan, wawancara, dan angket yang nantinya akan menjadi dasar perencanaan jangka menengah dan panjang.

"Karena kami ke depannya berencana untuk menerapkan program Desa Binaan di sana, kami juga berusaha mengirimkan dokter-dokter dan tenaga kesehatan untuk melakukan kegiatan magang ke daerah Papua nantinya," ujar Heri.

Selain proses asesmen, tim ini juga akan melakukan pelayanan kesehatan dan gizi serta menyalurkan bantuan logistik berupa makanan dan obat-obatan.
Dalam melakukan kegiatan ini, tim UI bekerja sama dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) setempat dalam hal distribusi logistik, akomodasi, transportasi, dan pengamanan.

UI Peduli adalah sebuah gerakan pengabdian masyarakat dari UI yang bertujuan untuk membantu penyelesaian permasalahan masyarakat melalui aplikasi ilmu pengetahuan, teknologi, dan sosial budaya.

Program yang telah berjalan dari tahun 2011 ini telah menurunkan timnya ke berbagai daerah bencana di Indonesia seperti gempa Aceh, banjir Jakarta, ataupun bencana meletusnya gunung berapi di Bali.

Program ini adalah bentuk kontribusi nyata UI dalam merespons permasalahan bangsa. Program ini juga merupakan aplikasi nyata dari nilai tridharma perguruan tinggi, seperti yang dipaparkan oleh Rektor UI Prof. Muhammad Anis.

"UI Peduli adalah bentuk pengabdian UI kepada masyarakat sehingga diharapkan institusi pendidikan tidak menjadi menara gading yang tidak peka dengan permasalahan yang terjadi di kalangan masyarakat," ujar Anis.
 Antara

Komentar Anda

Berita Terkini