-->
    |

Jokowi Serahkan Sertifikat Tanah Untuk Tokoh Pers Adinegoro

FaktaNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang sedang melakukan kunjungan kerja ke Sumatra Barat, menyempatkan diri mampir ke rumah tokoh pers nasional Djamaludin Adinegoro, di Jl Prof M Yamin, Pasar Talawi, Sawahlunto, Sumatra Barat, Kamis (8/2/2018).

Pihak keluarga yang diwakili oleh cucunya, Medrial Alamsyah, tak dapat menahan haru saat Presiden Jokowi yang datang bersama Ibu Negara Iriana tiba di rumah kelahiran Djamaludin Adinegoro itu.

“Ini baru pertama Presiden datang ke sini memperhatikan secara khusus seorang tokoh dan ini luar biasa,” kata Medrial.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi menyerahkan langsung sertifikat tanah kepada keluarga Adinegoro, yang diterima oleh salah satu cucu Adinegoro, Eriswati Alamsyah.

Usai menyerahkan sertifikat tanah dan berbincang dengan pihak keluarga, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana menyempatkan diri untuk mampir dan berziarah ke makam Pahlawan Nasional Prof Mohamad Yamin, yang lokasinya tida jauh dari rumah Adinegoro. Mohd. Yamin sendiri merupakan kakak dari Djamaludin Adinegoro.

Djamaludin Adinegoro lahir di Talawi, Sawah Lunto, Sumatra Barat pada 14 Agustus 1904, dan mendapat gelar Datuk Madjo Sutan. Namun dia lebih menggunakan nama Adinegoro saat menempuh pendidikan di STOVIA tahun 1918-1925.

Meski memiliki nama Djamaludin Adinegoro, dia lebih sering menggunakan nama Adinegoro ketika menulis. Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) mengabadikan namanya untuk penghargaan tertinggi insan jurnalis, yakni Piala Adinegoro. (Setkab)

Komentar Anda

Berita Terkini